Selasa, 22 Februari 2011

Orientasi Psikologi lingkungan

psikologi lingkungan adalah studi langsung dari hubungan antara lingkungan dan bagaimana lingkungan yang mempengaruhi penghuninya. aspek khusus dari pekerjaan lapangan dengan mengidentifikasi masalah dan melalui identifikasi kata masalah, menemukan solusi. Oleh karena itu diperlukan untuk psikologi lingkungan berorientasi untuk menjadi masalah. Masalah-masalah yang diidentifikasi oleh psikolog lingkungan mempengaruhi semua anggota masyarakat. Masalah ini bisa apa saja dari efek psikologis crowding perkotaan dengan desain arsitektur sekolah umum dan memperpanjang dari arena publik ke dalam rumah tangga secara individual.
Salah satu aspek penting dari sebuah lapangan yang berorientasi masalah adalah bahwa dengan mengidentifikasi masalah, solusi muncul dari penelitian yang diperoleh. Solusi-solusi yang dapat membantu dalam membuat fungsi masyarakat yang lebih baik secara keseluruhan dan menciptakan kekayaan pengetahuan tentang cara kerja dalam masyarakat. Lingkungan psikolog Harold Proshansky membahas bagaimana lapangan juga "nilai berorientasi" karena ladang komitmen untuk memperbaiki masyarakat melalui identifikasi masalah. Proshansky membahas pentingnya untuk tidak hanya memahami masalah, tetapi juga perlunya solusi. Proshansky juga menunjukkan beberapa masalah pendekatan masalah yang berorientasi untuk psikologi lingkungan. Pertama masalah yang diidentifikasi harus belajar di bawah spesifikasi tertentu: ia harus berjalan dan terjadi dalam kehidupan nyata, bukan di laboratorium. Kedua, gagasan tentang masalah harus berasal langsung dari sumbernya - yang berarti mereka harus datang langsung dari lingkungan spesifik di mana masalah itu terjadi. The solusi dan pemahaman masalah tidak dapat berasal dari lingkungan yang telah dibangun dan dimodelkan agar terlihat seperti kehidupan nyata. Lingkungan psikologi harus mencerminkan masyarakat sebenarnya tidak sebuah masyarakat yang dibangun dalam lingkungan laboratorium. Tugas sulit dari psikolog lingkungan adalah untuk mempelajari masalah seperti yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sulit untuk menolak semua penelitian laboratorium karena percobaan laboratorium di mana teori dapat diuji tanpa merusak lingkungan yang sebenarnya atau dapat melayani sebagai model ketika pengujian solusi. Proshansky membuat titik ini juga, membahas kesulitan dalam pendekatan berorientasi masalah keseluruhan. Dia menyatakan bahwa adalah penting, namun untuk psikolog lingkungan untuk memanfaatkan semua aspek penelitian dan analisis temuan dan mempertimbangkan baik dan individual aspek umum dari masalah.

psikologi Lingkungan menangani masalah-masalah lingkungan seperti kepadatan dan berdesakan, polusi suara, sub-standar hidup, dan pembusukan perkotaan. Kebisingan meningkatkan tekanan lingkungan. Meskipun telah ditemukan bahwa kontrol dan prediktabilitas merupakan faktor terbesar dalam efek stres kebisingan; konteks, pitch, sumber dan pembiasaan juga variabel penting . Lingkungan psikolog telah berteori bahwa kepadatan dan berdesakan juga dapat memiliki efek buruk pada suasana hati dan dapat menyebabkan penyakit akibat stres. Untuk memahami dan memecahkan masalah lingkungan, psikolog lingkungan percaya konsep dan prinsip harus datang langsung dari pengaturan fisik dan masalah yang melihat. Sebagai contoh, faktor-faktor yang mengurangi perasaan berjejal dalam bangunan meliputi:
Windows - khususnya yang yang dapat dibuka dan orang-orang yang memberikan pandangan serta cahaya
Tinggi langit-langit
Pintu ke ruang membagi (Baum dan Davies) dan kontrol akses memberikan
Kamar bentuk - kamar persegi merasa kurang ramai daripada yang empat persegi panjang (Dresor)
Menggunakan partisi untuk membuat yang lebih kecil, ruang pribadi dalam sebuah kantor yang terbuka atau ruang kerja yang lebih besar.
Memberikan peningkatan kontrol kognitif atas aspek lingkungan internal, seperti ventilasi, privasi cahaya,, dll
Melakukan penilaian kognitif lingkungan dan perasaan berkerumun di setting yang berbeda. Misalnya, satu mungkin nyaman dengan berjejal di konser tapi tidak di koridor sekolah.
Membuat ruang dipertahankan (Calhoun)

sumber : wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar