Selasa, 22 Februari 2011

ruang Pribadi dan wilayah

Memiliki luas wilayah pribadi dalam ruang publik, misalnya di kantor, adalah fitur kunci dari desain arsitektur banyak. Memiliki semacam 'ruang dipertahankan' dapat mengurangi efek negatif dari berkerumun di lingkungan perkotaan. Istilah, diciptakan oleh John B. Calhoun pada tahun 1947, adalah hasil dari beberapa lingkungan percobaan dilakukan pada tikus. Awalnya dimulai sebagai sebuah percobaan untuk mengukur berapa banyak tikus bisa diakomodasikan dalam ruang tertentu, itu berkembang menjadi menentukan bagaimana tikus, diberi makanan tempat tinggal, tepat dan selimut akan bersikap bawah lingkungan yang terbatas.

Dalam keadaan ini, laki-laki menjadi agresif, beberapa secara eksklusif homoseksual. Lainnya menjadi pansexual dan hiperseksual, mencari setiap kesempatan untuk me-mount setiap tikus yang mereka temui. Akibatnya, perilaku kawin yang marah dengan meningkatnya kematian bayi. Dengan orang tua gagal untuk menyediakan sarang yang tepat, sembrono membolos mereka muda dan bahkan menyerang mereka, kematian bayi naik setinggi 96% pada bagian tertentu. Calhoun menerbitkan hasil sebagai "Kepadatan Penduduk dan Patologi Sosial" dalam edisi 1962 dari Scientific American .

Membuat hambatan dan menyesuaikan ruang adalah cara untuk membuat ruang pribadi, misalnya foto dengan menggunakan keluarga seseorang dalam suasana kantor. Kontrol ini meningkat kognitif sebagai salah melihat diri sendiri sebagai memiliki kontrol atas pesaing ke ruang pribadi dan karena itu mampu mengontrol tingkat kepadatan dan berkerumun dalam ruang.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Environmental_psychology

Tidak ada komentar:

Posting Komentar