Senin, 25 Oktober 2010

PERBEDAAN PENDEKATAN

Di sini saya mnjelaskan tentang penertian dan juga perbedaan antara pendekatan deduktif dan induktif. Terlebih dahulu saya menjelaskan tentang pendekatan deduktif (deductive approach), pendekatan ini adalah pendekatan yang menggunakan logika untuk menarik satu atau lebih kesimpulan (conclusion) berdasarkan seperangkat premis yang diberikan.Dalam sistem deduktif yang kompleks, peneliti dapat menarik lebih dari satu kesimpulan.
Kemudian saya juga membahas definisi dari pendekatan induktif. Pendekatan induktif menekanan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.Metode ini sering disebut sebagai sebuah pendekatan pengambilan kesimpulan dari khusus menjadi umum (going from specific to the general).
Kemudian disini terlihat sangat jelas perbedaan kedua pendekatan tersebut adalah Kandungan atau isi (contents) teori deduktif kadang bersifat global (makro) sedangkan teori induktif umumnya bersifat partikularistik (mikro). Oleh karena premis sistem deduktif bersifat total dan menyeluruh maka kesimpulannya pasti bersifat global. Sistem induktif, karena didasarkan kepada fenomena empiris umumnya hanya berfokus kepada sebagian kecil dari fenomena tersebut yang relevan dengan permasalahan yang diamatinya. Itu adalah perbedaan antara dua pendekatan tersbut.

SUMBER : http://ihda_kimia.student.fkip.uns./ac.id2009/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar